Piala Dunia 2018 bisa jadi milik Portugal. Timnas yang satu ini memiliki bekal yang sangat kuat untuk mengawinkan Piala Eropa dan Piala Dunia. Ya, prestasi besar seperti itu memang sangat didambakan oleh banyak negara karena akan menjadi catatan sejarah betapa superiornya sebuah timnas dalam dunia sepak bola. Kesempatan ini sangat dimiliki oleh Portugal, sebuah timnas yang baru saja menjuarai Piala Eropa terbaru yaitu pada tahun 2016. Walaupun tidak memiliki perjalanan yang mulus, akhirnya Ronaldo dan kolega berhasil menjadi yang terbaik didaratan biru tahun 2016.

Untuk Piala Dunia 2018, Portugal masih memiliki kepercayaan diri yang tinggi pasca menjuarai Piala Eropa 2016. Timnas yang satu ini datang ke Rusia dengan kepala tegak karena menyandang gelar timnas terbaik di Eropa. Hal ini akan sangat membuat percaya diri karena Piala Dunia terakhir selalu dihiasi dengan juara dari benua Eropa yaitu Jerman, Spanyol, dan juga Italia. Timnas Portugal akan menjadi satu-satunya timnas yang paling percaya diri jika berbekal dari catatan prestasi terakhir. Tentu saja, dibandingkan dengan kompetisi piala dalam satu benua, Piala Eropa menjadi yang paling mentereng dan bergengsi dibandingkan dengan lainnya.

Selain itu, terdapat alasan kuat lainnya yang membuat Portugal pantas menjadi juara dunia. Alasan lain yang pertama adalah soal matangnya skuad timnas. Portugal memiliki kombinasi yang sangat baik antara pemain muda yang berbakat dan sudah memiliki bekal mental bermain diberbagai kompetisi elit dunia dan juga dipadukan oleh para pemain senior yang namanya sudah tersohor.  Timnas yang satu ini memiliki kedalaman skuad yang baik disemua lini dan juga masing-masing lini memiliki pemain bintang  yang tentunya akan mengganggu mental lawan.

Sehubungan dengan alasan itu, para pemain senior dari Timnas Portugal juga memiliki ambisi yang sangat kuat. Bagaimana tidak, mereka yang masih tergabung pada Timnas Portugal seperti Cristiano Ronaldo, Bruno Alves, Rolando, Fonte, dan Moutinho menjadi pemain yang kemungkinan memiliki kesempatan terakhir di Piala Dunia 2018. Mereka sepertinya hanya memiliki satu kali lagi kesempatan untuk berbuat banyak di piala dunia karena pada gelaran selanjutnya maka usia mereka kemungkinan sudah tidak bisa diandalkan.

Timnas Portugal 2018

Termasuk juga bintang timnas mereka Cristiano Ronaldo. Pemain yang satu ini sekarang telah memasuki usia ke-33 yang artinya ketika piala dunia selanjutnya digelar akan memiliki usia yang sudah terbilang terlalu tua untuk penyerang. Hal ini juga akan dirasakan oleh para pemain senior lainnya dan tentu bisa menjadi pemantik semangat untuk memberikan yang terbaik pada kesempatan terakhirnya.

Selain itu, Timnas Portugal juga memiliki Fernando Santos. Pelatih yang satu ini memiliki karakter yang sangat kuat dalam menukangi timnas agar bisa meraih kejayaan. Ya, pengalaman yang cukup lama bersama-sama dengan Timnas Portugal membuat Santos diyakini sangat paham apa yang seharusnya dilakukan. Pelatih ini juga dikenal memiliki skema sepak bola yang mementingkan prestasi bukan sekadar permainan cantik yang belum tentu berbuah kemenangan. Dengan gaya seperti itu membuat Portugal sangat bisa memiliki kesempatan untuk mengalahkan semua timnas yang lebih mentereng seperti Brazil atau Jerman.

Dan tentunya, Cristiano Ronaldo akan menjadi faktor penting untuk membuat Portugal menjadi juara. Saat ini Ronaldo masih dalam posisi kejayaan dengan sejumlah prestasi yang dimilikinya bersama Real Madrid termasuk baru saja membawa klub ibu kota Spanyol itu menjadi jawara Liga Champion. Ronaldo akan menjadi mesin gol dan pemecah konsentrasi pertahan lawan di Piala Dunia Rusia 2018.

Leave a Reply