Tahun ini adalah pesta terbesar bagi para pecinta olahraga sepakbola. Kenapa? Ya, piala dunia akan hadir di pertengahan tahun ini, tepatnya pada tanggal 14 Juni 2018. Dari 32 tim yang akan berjuang untuk bisa menjadi juara, selalu ada negara yang diunggulkan untuk menjadi juara. Uniknya, negara yang selalu difavoritkan sebagai juara adalah negara-negara yang berasal dari dua benua besar, yaitu Eropa dan Amerika. Untuk Amerikan, tentu negara yang paling mendominasi adalah negara Amerika Selatan.

Tiga negara Amerika Selatan, atau biasa disebut dengan Amerika Latin, yaitu Brazil, Argentina, dan juga Uruguay, menjadi negara yang pernah menjadi juara kompetisi ini. Brazil menjadi yang terbanyak dengan 5 kali, sedangkan Argentina dan Uruguay sama-sama baru mendapatkan dua piala. Tentu, diperhelatan kali ini, tiga negara itu tetap akan menjadi negara unggulan di piala dunia tahun ini.

Tetapi, selain ketiga negara itu, Amerika Selatan punya dua tim lagi yang siap untuk memberikan kejutan. Dari antara lima negara Amerika Latin yang berhasil masuk ke piala dunia, mungkin yang paling diremehkan adalah Peru. Negara ini adalah negara terakhir yang  memastikan lolos ke piala dunia setelah berhasil menyingkirkan Selandia Baru.

Tetapi, Peru juga bukan tim lemah yang akan sangat mudah dikalahkan. Kejutan akan terjadi jika mereka diremehkan. Tentu, sang kapten yang dulu juga sempat menjadi salah satu bintang besar di sepakbola Eropa, Jefferson Farfan, siap memberikan kejutan yang sangat besar untuk dunia. Selain Peru, ada juga Kolumbia yang berhasil masuk dan menemani tiga tim terkuat Amerika Latin ini.

Kolumbia sendiri juga sedang dalam kondisi tim yang sangat baik. Kejutan yang berhasil mereka berikan di piala dunia tahun lalu, dimana mereka berhasil menembus perempat final, pasti ingin mereka ulangi lagi, bahkan mereka ingin melebihinya. Tentu saja, tim lain tidak bisa meremehkan kualitas dari Kolumbia yang berisikan pemain-pemain dengan kualitas di atas rata-rata seperti Radamel Falcao dan juga James Rodriguez. Jangan lupakan juga Carlos Bacca yang siap menjaid penopang lini depan Kolumbia.

Neymar dan Lionel Messi

Sisanya, daratan Rusia harus siap menghadapi badai yang sangat kencang yang akan datang dari tiga tim terkuat benua Amerika, yaitu Brazil, Argentina dan Uruguay. Sebagai yang terkuat, Brazil memang selalu menjadi urutan utama di bursa juara. Tak terkecuali di tahun sekarang ini. Neymar, Coutinho, Jesus, dan beberapa nama terkenal lainnya siap menjadi fondasi awal Brazil untuk meraih gelar keenam mereka.

Tetapi, meraih gelar keenam mereka tidak akan mudah karena sang musuh bebuyutan juga ingin mendapatkan gelar ketiga mereka. Argentina dan Uruguay juga akan bersiap untuk memberikan performa terbaik mereka di pagelaran piala dunia tahun ini. Untuk Argentina, tentu piala dunia ini akan menjadi momen yang sangat penting dalam karir seorang Lionel Messi.

Bisa jadi, ini akan menjadi karir terakhirnya di piala dunia, dan jika ia tidak berhasil mendapatkannya, maka akan sangat disayangkan. Selain itu, masih ada juga monster lain di Argentina yang siap mewujudkan mimpi Messi, seperti Aguero dan juga Paulo Dybala. Di sisi lain, Uruguay juga ingin kembali menancapkan kuku mereka sebagai salah satu tim kuat dunia. Edinson Cavani dan Luis Suarez akan siap menjadi penyerang utama yang akan membawa Uruguay kembali kepada masa kejayaan mereka hamper 100 tahun yang lalu.

Leave a Reply