Euforia Piala Dunia 2018 nampaknya sudah mulai terasa. Berbagai macam persiapan baik sarana penunjang maupun fasilitas pendukung saat ini tengah dipersiapkan dan sedang dalam tahap akhir oleh pemerintah Rusia. Berbagai antisipasi pun dilakukan oleh pihak keamanan di kota-kota yang akan menjadi tuan rumah pelaksana Piala Dunia 2018 mendatang. Namun ada masalah baru yang diungkapkan oleh Menteri Pertanian Rusia.

Pemerintah Rusia mengimbau kepada para turis yang akan datang mengunjungi Rusia untuk menyaksikan gelaran Piala Dunia 2018 mendatang agar mewaspadai diri mereka dari ancaman persebaran belalang yang sedang tejadi di wilayah Rusia. Rusia mengakui bahwa saat ini mereka tengah memiliki masalah dengan persebaran belalang yang sangat banyak di wilayahnya. Sejauh ini serangga tersebut telah mengganggu beberapa sektor pertanian yang ada di Rusia.

Yang parahnya lagi adalah saat ini banyak serangga yang menjadikan Rusia sebagai tujuan migrasinya seperti belalang yang bermigrasi setiap musim panas berlangsung. Situasi yang dialami oleh Rusia tersebut ketika menjelang hajatan akbar seperti Piala Dunia ini membuat Chekmarev sangat khawatir akan serangan belalang tersebut yang diprediksi bisa mengganggu jalannya pertandingan Piala Dunia di Rusia 2018 mendatang. Chekmarev khawatir jika hal tersebut nantinya bisa mencoreng nama baik Rusia di mata dunia sebagai tuan rumah berlangsungnya perhelatan akbar empat tahunan itu.

“Sejauh ini ada beberapa pilihan cara yang bisa kami lakukan untuk bisa mengatasi gangguan yang disebabkan oleh belalang di ladang tersebut. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi sebuah masalah besar nantinya apabila mereka benar menyerang dan beterbangan saat gelaran Piala Dunia 2018 mendatang berlangsung,” Ujar Menteri Pertanian Rusia.

“Para turis yang akan berdatangan ke Rusia untuk menonton Piala Dunia tersebut pasti akan merasa kecewa jika banyak hewan pengganggu apalagi jika masuk stadion. Apalagi Lapangan sepakbola tersebut pasti ditumbuhi oleh rumput dan itu belalang sangat menyukainya. Yang parah adalah jika belalang tersebut nanti akan ikut datang ke stadion tempat dimana pertandingan Piala Dunia nanti berlangsung?” Tambahnya

Piala Dunia 2018 Rusia

Pada gelaran event empat tahunan ini yang rencananya diadakan di Rusia, 11 kota diagendakan menjadi menjadi tuan rumah perhelatan sepakbola terakbar empat tahunan sekali tersebut. Sebagian kota yang akan mengadakan pertandingan tersebut berada di sekitar wilayah Rusia bagian selatan, seperti kota Volgograd, yang merupakan tempat favorit bagi para belalang. Hal ini sangat mengancam pertandingan yang akan dilangsungkan di kota tersebut. pasalnya belalang yang jika masuk ke dalam lapangan pertandingan saat pertandingan tengah berlangsung akan sangat mengganggu konsentrasi pemain yang ada dilapangan nantinya.

Ancaman belalang tersebut kini menjadi perhatian khusus bagi Rusia selaku tuan rumah padahal mereka sempat dipuji karena stadion yang akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan Piala Dunia 2018 itu terlihat bagus. Hal ini merupakan pekerjaan rumah tersendiri yang cukup sulit diatasi oleh Rusia saat beberapa bulan menjelang pertandingan Piala Dunia akan dimulai. Memang, infrastruktur penunjang pertandingan seperti stadion dan fasilitas umum yang akan digunakan pada gelaran Piala Dunia 2018 mendatang sudah hampir rampung 100%.

Namun masih ada beberapa fasilitas yang harus terus di kontrol untuk mencegah tidak berfungsinya atau error saat pemakaian nanti. Stadion yang akan digunakan pun sudah bisa dikatakan siap untuk melaksanakan pertandingan Piala Dunia 2018 mendatang. Oleh karena itu, pemerintah Rusia saat ini tengah fokus untuk menghadapi ancaman hama belalang yang diprediksi akan menyerang mereka pada saat pergantian musim mendatang. Maka komunikasi yang intens dari berbagai pihak nampaknya harus dilakukan oleh Rusia demi mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi nantinya.

Leave a Reply