Sejarah sepakbola Islandia baru saja terukir setelah mereka memastikan masuk ke putaran final Piala Dunia 2018. Secara mengejutkan, Isalndia untuk kali pertama berhasil menembus Putara Final Piala dunia, hal ini pun menjadi suatu perbincangan yang cukup menarik di kalangan pengamat sepakbola dunia.

Setelah mereka berhasil meraih kemenangan kala mereka berjumpa dengan Kosovo yang berakhir dengan skor 2-0, mereka pun akhirnya mampu memastikan diri untuk terus melangkan ke babak selanjutnya yaitu putaran final Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Russia. Nampaknya hal ini merupakan performa apik yang mereka lanjutkan setelah mereka berhasil menembus babak permpatfinal Piala Eropa tahun 2016 lalu.

Catatan apik tersebut terus mereka torehkan, bahkan pada babak penyisihan mereka berhasil memimpin klasemen sementara dan pada saat itu Kosovo yang berada dalam urutan terakhir di grup dengan mudah berhasil mereka lumat. Prestasi ini merupakan salah satu prestasi yang luar biasa bagi sejarah sepakbola di Islandia, bahkan mereka pun lolos ke putaran final piala dunia 2018 di Russia tanpa melalui babak play-off. Mereka benar-benar tampil luar biasa pada setiap pertandingannya.

Hal inilah yang membuat mereka dirasa pantas mendapatkan hasil dan bisa tampil ke putaran final piala dunia 2018 di Russia mendatang. Mereka pun berhasil menjadi juara grup I dengan raihanpoin sebanyak 22 angka dari 10 partai yang telah mereka lakoni sebelumnya. Mereka pun mampu dengan sangat sukses menyingkirkan dua tim yang cukup besar yaitu Turki dan juga Ukraina yang bisa dibilang kedua Negara tersebut memiliki pengalaman lebih banyak ketimbang mereka. Tak hanya berhenti disitu, Islandia juga harus memaksa timnas Kroasia untuk bisa lolos ke putaran final piala dunia 2018 melalui fase play-off terlebih dahulu

Timnas Islandia 2018

Tim Nasional Islandia sebenarnya bukanlah sebuah tim yang cukup ditakuti oleh banyak Negara dalam hal sepakbolanya. Hal ini pun mulai berubah sejak mereka berhasil menembus babak perempat final piala eropa tahun 2016 yang lalu. Mereka berhasil merebut perhatian masyarakat dunia berkat penampilan apiknya pada gelaran piala eropa tahun 2016 lalu, mereka pun menunjukan bahwa sepakbola di Islandia merupakan salah satu yang paling hebat.

Hal lain yang cukup menarik dai Islandia pada gelaran Piala Dunia 22018 ini adalah, Islandia merupakan Kontestan Negara yang memiliki penduduk paling sedikit diantara Negara kontestan lainnya. dalam catatan yang ada, Islandia hanya memiliki populasi penduduk hanya sekitar 334 ribu orang. dibalik keterbatasa sumberdaya manusia tersebut, Islandia ternyata meruakan gudang pelatih sepakbola dunia terbaik.

Banyak pelatih disana yang sudah memiliki lisensi dari FIFA, oleh karena itu pelatihan sepakbola di usia dini disana sudah dilakukan oleh pelatih-pelatih hebat yang telah berlisensi resmi FIFA. Namun ada sebuah hambatan yang ada di dalam kompetisi sepakbola Islandia yaitu suhu ekstrim negaranya yang berkisar 10-13 derajat celcius. Ini mengakibatka kompetisi domestic berjalan sangat singkat yaitu hanya sekitar empat bulan.

Islandia nampaknya sangat sadar akan banyak kekurangan yang mereka miliki jika dibandingkan dengan Negara lainnya, oleh karena itu Islandia lebih memfokuskan diri mereka pada perbaikan infrastruktur dan juga pembinaan pemain usia muda yang akan menjadi masa depan bagi sepakbola Islandia nantinya. Hal tersebut nampaknya kini sudah mulai membuahkan hasil dengan berhasilnya mereka menembus hingga ke putaran final piala dunia 2018 di Russia mendatang.

Leave a Reply