Sebentar lagi piala dunia akan segera datang, kali ini piala dunia FIFA akan dilaksanakan di negara Rusia. pesta besar sepakbola akan segera datang, tepatnya pada tanggal 14 Juni 2018 hingga 15 Juli 2018. Pemilihan Rusia sebagai tuan rumah sudah ditentukan sejak tahun 2010. Sebelumnya negara ini sudah bersaing melawan negara lain yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia, yaitu negara Inggris, Portugal-Spanyol, juga Belanda-Belgia.

Rusia mampu menang setelah mendapatkan 13 suara dari 20 suara komite Eksekutif FIFA. setelah ditujuk sebagai tuan rumah, maka Rusia sudah mulai berbenah jauh-jauh hari. Sebelumnya direncanakan bahwa stadion yang akan dibangun berjumlah 16 stadion, namun stadion yang akhirnya dibangun dan dilaksanakan piala dunia hanya 12 stadion. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah stadion yang digunakan oleh Rusia sebagai laga pertandingan sepak bola dunia FIFA.

  • Kazan Arena

Kazan Arena

Merupakan studio yang berkapasitas 45.379, stadion ini merupakan sport kapital yang ditujuk oleh Rusia ditahun 2009. Dibangun dengan arsitek Populus, merupakan arsitek yang sudah biasa mengarsitek stadion terkenal didunia. biaya untuk membangun studion ini sebesar 439,7 juta US Dollar. stadion ini sudah resmi ditahun 2009. didalam studion ini memiliki fasilitas berupa screen HD yang memiliki ukuran 4.030 meter persegi.

  • Ekaterinburg Arena

Ekaterinburg Arena

Merupakan stadion yang memiliki kapasitas 35.000, stadion ini merupakan stadion tertua kedua, stadion ini didirikan pada tahun 1957. dan saat ini stadion ini dalam tahap renovasi. stadion ini bahkan pernah menggelar turnamen esketing ditahun 1959. untuk desain stadion ini cukup tua dan mirip dengan Luzhniki Stadium.

  • Fisht Stadium

Fisht Stadium

Merupakan stadion yang  memiliki kapasitas 47.659, stadion ini dibangun pada tahun 2013, dan menghabiskan dana sebesar 519 juta US Dollar, dan stadion ini ternyata sudah menggelar 4 pertandingan Piala Konfederasi serta uji Rusia saat melawan Belgia. Stadion ini memiliki background gunung yang sangat indah, maka stadion ini dikenal sebagai stadion yang memiliki pemandangan indah dibanding dengan stadion lainnya. selain pemandangan gunung, juga ada pemandangan laut hitam dibagian selatan. arsitektur stadion ini juga sangat indah. Namun dari pusat kota harus ditempuh kurang lebih 30 km. Untuk bbiaya perawatan juga cukup besar.

  • Kaliningrad Stadium

Kaliningrad Stadium

Merupakan stadion yang memiliki kapasitas 34.212, untuk konsep pembangunan cukup mirip dengan Allianz Arena dari Jerman, stadion ini berada di pulau Oktyabrsky. pembangunan stadion ini menelan dana sebesar 300 juta USD.

  • Volgograd Arena

Volgograd Arena

Merupakan stadion Rusia yang berada di Volgograd, merupakan stadion yang belum lama melakukan renovasi untuk piala dunia FIFA. Stadion ini juga menjadi markas klib FC Rotor Volgograd dan mampu menampung kurang lebih 45.568 penonton. letak stadion ini di dekat sungai Volga, maka tidak heran jika stadion ini merupakan stadion yang juga memiliki pemandangan yang bagus, apalagi setelah direnovasi gedung yang tadinya terlihat jadul telah berubah menjadi modern dan indah.

Dan masih banyak lagi stadion lainnya yang saat ini sudah siap untuk dijadikan sebagai  tempat piala dunia FIFA, ada stadion Nizhny Novgovgorod, Mordovia Arena, Rostov Arena, Samara Arena, dan lainnya. Stadion-stadion di Rusia ini sudah siap dijadikan sebagai saksi mata piala dunia FIFA. pembangunan sudah dilakukan sejak Rusia ditunjuk sebagai tuan rumah piala dunia 2018, selain melakukan renovasi, Rusia juga membangun stadion.

Leave a Reply