Jika ditanya, siapa negara yang paling berkemungkinan untuk memenangkan piala dunia, pasti jawaban banyak orang akan lebih banyak mengunggulkan wakil dari benua Eropa. Ya, kita tidak bisa bohong bahwa benua Eropa adalah benua yang sangat baik dalam hal sepakbola. Tentu, kita bisa lihat dari liga-liga dari beberapa negara di Eropa yang ternyata memiliki tingkat popularitas yang sangat luar biasa. Bahkan bisa dibilang, benua Eropa menjadi pusat kehidupan sepakbola di seluruh dunia.

Seluruh klub sepakbola terbaik di dunia berasal dari benua ini. Sebut saja Barcelona, Real Madrid, bahkan sampai Bayern Munchen. Tetapi, sang raja kompetisi ini tidak bisa menguasai dunia dengan mudah. Dari tahun ke tahun, negara Eropa selalu bisa digagalkan oleh negara-negara dari benua lain. Yang paling sering pastinya adalah benua Amerika, terkhusus Amerika bagian selatan. Kekuatan Brazil, Argentina dan juga Uruguay menjadi mimpi buruk bagi tim di Eropa.

Tetapi, di pagelaran piala dunia kali ini, pastinya para negara dari Eropa sudah bersiap untuk memenangkannya. Terlebih lagi, karena negara tempat terhelatnya kompetisi sepakbola terakbar di dunia ini akan ada di Rusia. Jadi, mari kita bahas beberapa negara calon kuat penguasa dunia yang akan siap bertempur di Rusia.

Dari banyaknya calon, Jerman selalu menjadi yang terkuat. Tidak ada yang pernah meragukan Jerman sebagai spesialis turnamen. Juara bertahan ini pastinya ingin menciptakan sejarah sebagai negara pertama, di era piala dunia, yang berhasil menjadi juara beruntun. Nama-nama seperti Mesut Ozil, Timo Wagner, dan juga Andre Schurlle menjadi nama utama skuad Jerman.

Tetapi, selain Jerman, akan ada Spanyol juga yang siap untuk mengejutkan dunia. Juara piala dunia 2010 ini juga tidak ingin pengalaman buruk di piala dunia 2014, dimana mereka hanya bisa menjadi juara tiga di fase grup, kembali terulang di piala dunia kali ini. Sang jenderal, Andreas Iniesta, pastinya akan menjadi motor utama untuk menggerakkan striker haus gol seperti Alvaro Morata, Diego Costa dan juga Marco Asensio.

Pemain Eropa

Tim selanjutnya yang tidak bisa diremehkan adalah sang Tiga Singa, Inggris. Ya, negara yang memiliki liga paling kompetitif di muka bumi ini memang selalu mempunyai nasib yang tidak cukup baik jika sudah bersentuhan langsung dengan piala dunia. Yang terbaru pastinya adalah hasil dimana mereka hanya bisa menjadi juru kunci fase grup piala dunia tahun lalu, kalah dari Kostarika, Uruguay dan juga Italia. Tentu, kelemahan di lini depan yang selalu menjadi masalah Inggris beberapa tahun belakangan ini sudah tertutup dengan adanya Harry Kane dan Jamie Vardy yang akan menjadi kekuatan utama pendobrak pertahanan lawan.

Prancis menjadi negara selanjutnya yang siap memberikan kejutan di piala dunia ini. Bisa dibilang, kedalaman skuad Prancis tahun ini sangat dalam. Lini depan sudah punya predator seperti Lacazette, Giroud, Griezman, bahkan masih ada predator muda yang tidak kalah menyeramkan seperti Mbappe dan juga Ousmane Dembele.

Jangan lupa duet Kante dan Pogba di lini tengah, yang membuat Prancis sangat layak untuk ditakuti. Tetapi, ada satu tim Eropa yang dipercaya bisa menghancurkan hegemoni beberapa negara barusan. Belgia, menjadi negara yang paling dinanti kiprahnya. Memiliki skuad terbaik sepanjang masa, Dries Mertens dkk akan siap untuk menjelma menjadi pembunuh raksasa dan kejutan terbesar dalam piala dunia ini, yang akan membuat sang raja berkuasa di tanah mereka sendiri.

Leave a Reply