Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa Piala Dunia 2018 akan diselenggarakan di Rusia. Negara yang satu ini memang tidak bisa dikatakan cemerlang dalam urusan sepak bolanya tetapi beberapa nama-nama pesepak bola terkenal berasal dari negara ini. Sebagai tuan rumah piala dunia tentu saja pemerintah Rusia menggelontorkan dan yang tidak sedikit guna memperbaiki segala infrastruktur terkiat pertandingan secara langsung maupun tak langsung.

Salah satu infrastruktur yang paling fundamental dalam ajang Piala Dunia tentu saja venue atau tempat diadakannya pertandingan yang dimaksud, dan sepertinya Rusia sangat paham hal itu terbukti dengan megahnya venue-venue pertandingan yang akan digunakan.

Untuk menambah informasi bagi anda terkait venue pertandingan pada piala dunia 2018 mendatang, berikut ini akan sedikit diluas mengenai hal tersebut yakni sebagai berikut:

  1. Stadion luzhniki

Stadion luzhniki

Stadion luzhniki mungkin agak sedikit asing di telinga anda tetapi tampaknya tidak bagi para fans the blues Chelsea. Pasalnya di stadion inilah Chelsea harus menelan pil pahit setelah dikalahkan oleh Manchester United kala itu. Yang membuatnya sangat pahit adalah pertandingan tersebut merupakan final liga champions dan bagi Chelsea saat itu merupakan kesempatan pertamanya untuk dapat menjadi juara Eropa.

  1. Ekaterinburg Arena

Ekaterinburg Arena

Stadion yang satu ini memiliki tribun yang sangat unik, bagaimana tidak karena stadion ini memiliki tribun yang seolah keluar dari stadion itu sendiri. Hal ini merupakan buntut dari aturan FIFA yang mengharuskan semua stadion penyelenggara pertandingan Piala Dunia harus berkapasitas minimal 40.000 orang, sedangkan kapasitas asli stadion ini hanya sekitar 36.000 orang saja.

  1. Kazan Arena

Kazan Arena

Kazan arena merupakan markas dari salah satu club besar Rusia yaitu Rubin Kazan. Kapasitas maksimal yang dapat ditampung stadion ini sekitar 45.000 orang saja. yang unik dari stadion ini adalah sebuah layar besar yang tersedia di dalam stadion bahkan disebut sebagai layar terbesar daripada layar yang ada pada stadion lainnya di Eropa.

  1. Spartak Stadion

Spartak Stadion

Seperti halnya Kazan Arena, Spartak Stadion pun merupakan markas dari salah satu club besar Rusia yaitu Spartak Moscow. Stadion ini mampu menampun sekitar 45.000 orang saja di dalamnya namun berbeda dengan kazan arena yang memiliki layar besar, stadion ini hanya memberikan layar standar kepada para penonton di dalam stadionnya.

  1. Fisht Stadion

Fisht Stadion

Berbeda dengan Spartak Stadion dan Kazan Arena, stadion ini justru tidak ditempati oleh club apa pun meskipun memiliki kapasitas tampung yang sangat besar. Kapasitas tampungnya sendiri mencapai 47.000 jiwa dan merupakan salah satu stadion terbesar di Rusia.

  1. Kaliningrad Stadion

Kaliningrad Stadion

Stadion yang satu ini disebut sebagai stadion paling utara yang digunakan sebagai venue pertandingan Piala Dunia 2018 Rusia. Karena letaknya itu maka suhu di stadion ini cenderung dingin, itulah sebabnya ketika proses renovasi stadion selain menambah kapasitas awal yang hanya sekitar 35.000 jiwa juga diberikan suatu mekanisme agar dapat sedikit menghangatkan bagian dalam stadion.

Sebetulnya masih ada beberapa stadion lagi yang dijadikan venue pertandingan sepak bola dalam Piala Dunia 208 Rusia seperti misalnya stadion Saint Petersburg, stadion Volgogard Arena, stadion Niznhy Novogorod, stadion Morodovia Arena, stadion Rostov Arena, serta stadion Samara Arena. Renovasi bear-besaran terhadap sebagian besar stadion merupakan salah satu bentuk mengikuti aturan FIFA soal standard requirement, sehingga mudah-mudahan dengan diselenggarakannya ajang Piala Dunia di stadion tersebut dapat meningkatkan kualitas sepak bola pada sekitar wilayah tersebut.

 

Leave a Reply