majorsportsbetting.com – Untuk pertama kalinya, Islandia Berhasil meloloskn diri sampai ke Piala Dunia. Kepastian perihal lolosnya mereka ke Piala Dunia 2018 yang akan di gelar di Russia itu setelah mereka meraih kemenangan dari Kosovo dengan skor akhir 2-0. Mereka melanjutkan performa bagus mereka setelah pada Piala Eropa 2016 lalu mereka berhasil menembus perempat final dan kini mereka berhasil meneruskan catatan baik mereka dengan lolos ke Piala 2018 Russia. Dalam laga terakhir ia bahkan memimpin klasemen sementara dan ia dengan mudah meraih kemenangan atas Kosovo yang menyandang sebagai tim juru kunci klasemen sementara.

Mereka juga lolos dengan sangat luar biasa, mereka bisa langsung lolos tanpa perlu melalui fase play-off, ini merupakan prestasi luar biasa bagi Negara sekelas Islandia. Mereka berhasil lolos tanpa perlu melewati fase play-off setelah Gylfi Sigurdsson dan teman-temannya berhasil memuncaki grup I dengan raiha 22 poin dari 10 partai yang mereka lakoni. Mereka juga mampu sukses menyingkirkan Turki dan juga Ukraina yang bisa dibilang memiliki pengalaman lebih banyak dari mereka. Selain itu mereka juga memaksa timnas Kroasia harus melalui fase play-off sebelum akhirnya lolos juga ke piala dunia 2018 di Russia.

Memang, sebelum mampu mencapai babak perempatfinal Piala Eropa 2016, Islandia bukanlah tim yang ditakuti bahkan tidak mendapat perhatian khusus dari tim-tim lainya. Akan tetapi mereka berhasil membuktikan setelah berhasil menembus babak perempatfinal. Perlahan namun pasti mereka mulai ingin menunjukan kepada public dunia bahwa sepakbola mereka merupakan salah satu yang terbaik. Hal yang menarik dari timnas Isalandia adalah mereka merupakan kontestan Piala Dunia paling sedikit populasi negaranya dibandingkan kontestan yang lainnya.

Tercatat bahwa Islandia hanya memiliki populasi penduduk sekitar 334 ribu orang. akan tetapi dibalik jumlah penduduknya yang sedikit mereka memiliki banyak pelatih yang sudah memegang lisensi UEFA B, oleh karena itu banyak pelatih berkualitas yang telah melatih untuk anak usia dini. Hal yang menarik selanjutnya adalah Islandia banyak sekali lapangan indoor, ini karena suhu terhangat di Negara mereka hanya 10-13 derajat celcius. Oleh karena itu pemerintah dan klub saling bekerja sama untuk membangun lapangan indoor hampir di setiap kota atau pedesaan disana.

Tim Islandia

Yang terakhir adalah Liga yang berjalan di Islandia hanya bergulir empat bulan. Tak seperti liga kebanyakan di dunia yang rata-rata bisa berakhir sampai enam bulan lamanya, Liga Islandia hanya bergulir selama empat bulan. Hal ini dikarenakan iklim dingin yang ekstrem yang dimiliki oleh Islandia. Suhu disana bisa mencapai 0 sampai dengan -10 derajat celcius. Akan tetapi suhu bisa menjadi sangat dingin pada bulan Desember bisa mencapai -25 sampai dengan -30 derajat celcius.

Sadar bahwa mereka merupakan Negara yang memiliki populasi penduduk yang sedikit selain itu liga mereka juga berjalan tidak cukup memadai. Mereka cukup pintar untuk menyiasati kekurangan mereka tersebut. federasi mereka menyiasatinya dengan lebih fokus kepada pengembangan pemain muda mereka. Mereka memfokuskan kepada sumber daya manusia dan juga infrastruktur yang memadai supaya bisa dimaksimalkan untuk mencetak para pemain muda yang potensial. Selain itu, fokus mereka ke pemain muda juga supaya mereka dapat mencetak pemain berkualitas dunia di usia sedini mungkin. Kini hal itu nampaknya bisa mereka capai, karena banyak pemain Islandia ang bermain di liga lain seperti Liga Inggris, Denmark maupun Swedia.

Leave a Reply