Beberapa waktu yang lalu, Spanyol telah mengumumkan skuadnya untuk berlaga pada Piala Dunia Rusia 2018. Pelatih timnas Spanyol, Lopetegui, telah mengumumkan skuad yang ternyata cukup mengejutkan. Beberapa nama besar yang berasal dari Spanyol tidak disertakan dalam skuad untuk Piala Dunia Rusia 2018 walaupun dalam kondisi fit. Yang paling mencolok adalah tidak adanyan nama Morata pada Timnas Spanyol.

Morata gagal kembali berseragam Timnas Spanyol dan harus menonton piala dunia dari rumah. Pemain muda berbakat dan sebelumnya menjadi langganan timnas ini memang cukup mengejutkan jika tidak termasuk skuad timnas. Untuk ajang piala dunia, semua pelatih dari semua negara memang akan memilih yang terbaik dari semua pemain yang bisa dipilih.

Namun soal kriteria terbaik, masing-masing pelatih sangat bisa menentukan standar yang berbeda. Termasuk juga Lopetegui yang akhirnya tidak memanggil Morata pada Timnas Spanyol untuk Piala Dunia Rusia 2018. Morata dianggap kurang bisa bersaing pada tim barunya Chelsea dan tidak bisa berbuat banyak pada kompetisi Liga Inggris maupun Liga Champion.

Morata menjadi pemain yang bahkan menjadi penghangat bangku cadangan setelah Giroud datang ke Chelsea pada transfer pemain lalu. Jika tidak masuk dalam pilihan utama, mungkin publik tidak aka terkejut. Morata dianggap masih pantas untuk menjadi cadangan atau pemain pengganti ketika dibutuhkan di menit akhir bukan menjadi seorang bintang yang tidak dipanggil Timnas.

Alvaro Morata

Keputusan Lopetegui memang sangat mengejutkan publik soal skuad timnas. Selain Morata, terdapat beberapa nama lainnya yang juga layak untuk dipanggil ke Timnas Spanyol untuk Piala Dunia Rusia 2018. Sebut saja seperti Fabregas yang memiliki performa dan menit bermain yang cukup selama berseragam Chelsea. Pemain yang satu ini sangat bisa diandalkan untuk mengisi posisi tengah untuk membuat Spanyol menjadi dinamis dan memiliki tempo yang tepat.

Namun, Lopetegui masih mempercayakan Iniesta yang bahkan jarang sekali tampil penuh 90 menit bersama Barcelona. Pemain yang satu ini memang maestro lapangan tengah. Namun, staminanya diragukan untuk bisa terus tampil prima selama 90 menit. Pemain yang satu ini bahkan telah meninggalkan Barcelona untuk pergi ke sebuah tim kecil karena memang merasa sudah tidak bisa kompetitif di La Liga. Dan tentu, Febregas jelas lebih segar untuk bisa dijadikan andalan atau setidaknya menjadi cadangan.

Pada posisi lini belakang, terdapat Nama Hector Bellerin yang mengejutkan publik karena tidak dipanggil untuk menjadi bagian dari skuad Timnas Spanyol. Bek sayap dari Arsenal ini dianggap sangat layak untuk menjadi bagian dari tim lantaran memiliki performa yang apik dan konsisten dimusim lalu bersama Arsenal. Pemain ini bahkan cukup sering memberikan penyerangan tanpa lupa untuk memberikan pengawalan saat bertahan.

Kelebihan dari Bellerin juga dianggap sangat mampu memberikan bantuan untuk Spanyol saat menyerang karena memiliki kecepatan dan akurasi umpan yang baik. Namun sayangnya, Bellerin tidak termasuk dalam rencana Lopetegui dan hanya menjadi daftar cadangan. Hingga saat ini, meskipun bek Timnas Spanyol yaitu Carvajal mengalami cidera saat berlaga di final Liga Champion bersama Real Madrid, belum ada tanda dan kabar bahwa Bellerin bisa menggantikannya.

Khusus untuk Bellerin, publik Spanyol bahkan sangat memprotes Lopetegui karena tidak menggantikan Carvajal dengannya. Pemain sekelas Bellerin sebaiknya tidak perlu diragukan lagi untuk bisa tampil di timnas untuk ajang Piala Dunia Rusia 2018 karena telah memiliki menit bermain yang banyak di Arsenal dan memiliki kemampuan yang sangat baik. Para pendukung Timnas Spanyol terus mendesak untuk membuat Bellerin masuk menggantikan Carvajal yang cidera meskipun Lopetegui belum meresponnya.

 

Leave a Reply