Tuan rumah ajang Piala Dunia FIFA 2018, yaitu Rusia, telah membangun banyak stadion baru yang nantinya akan menjadi tempat berlaganya pertandingan spektakuler, dari 32 tim nasional yang lolos pada ajang Piala Dunia FIFA 2018. Salah satu stadion yang dibangun pemerintah Rusia adalah, Stadion Kaliningrad. Stadion ini memilki nama lain yaitu, Arena Baltika dan terletak di jantung kota Kaliningrad pada pulau bernama Oktyabrsky, Kaliningrad Rusia.

Terpilihnya Kota Kaliningrad sebagai kota yang ikut menyelenggarakan laga pertandingan Piala Dunia FIFA 2018 karena, pemerintah Rusia memiliki tujuan untuk mengembangkan kota Kaliningrad ini. Sejak dulu, kota Kaliningrad dipenuhi oleh padang gersang dan hampir sebagian dari kota ini belum pernah terjamak oleh manusia. Dengan dibangunnya salah satu stadion penyelenggara ajang bergengsi sekelas Piala Dunia FIFA 2018, pemerintah Kota Kaliningrad berencana membangun perumahan yang akan dilengkapi dengan taman, dermaga dan tanggul di samping sungai Pregola, dan tentunya pembangunan perumahan ini terletak tidak jauh dari stadion Kaliningrad yang baru dibangun ini.

Meskipun Kota Kaliningrad hampir dipenuhi dengan padang yang gersang, namun di balik semua itu terdapat sebuah pantai yang memiliki air berwarna biru serta butiran pasir yang halus. Dengan adanya pantai yang berada di dekat stadion Kaliningrad ini, diharap dapat menarik para wisatawan agar mau datang ke kota Kaliningrad ini.

Dalam pembangunannya, pemerintah Rusia tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada, mereka mendesain stadion Kaliningrad ini bukan hanya untuk pertandingan sepakbola, melainkan didesain juga untuk pertandingan olahraga lainnya yang tak kalah seru dari sepakbola dan tentu untuk berbagai macam konser musik lokal maupun mancanegara, agar kota Kaliningrad ini akan semakin hidup. Dengan kapasitas sebanyak 35000 kursi penonton, stadion Kaliningrad dirasa tepat menjadi bagian dari salah satu stadion penyelenggara ajang Piala Dunia FIFA 2018, karena memang itulah syarat yang diajukan oleh FIFA.

Stadion Kaliningrad

Padahal, sebelumnya jumlah kapasitas yang direncanakan adalah sebesar 45000, karena desain pembangunan stadion Kaliningrad cukup sederhana, maka hanya cukup menampung 35000 penonton. Pembangunan stadion Kaliningrad dimulai pada bulan September tahun 2015 sampai pada tahun 2017 dan menghabiskan biaya sebesar 25 milyar rubel rusia. Awalnya, stadion ini akan dibangun pada tahun 2016 namun karna ajang Piala Dunia FIFA akan diselenggarakan pada tahun 2018, maka pembangunan stadion Kaliningrad ini dimajukan menjadi tahun 2015.

Batu pertama yang diletakan tepatnya pada tanggal 9 bulan September tahun 2015 itu diletakan oleh Yayasan Petinggi Pemerintahan di Kota Kalinigrad. Pada akhir 2017, stadion ini telah mencapai sekitar 93% pembangunan maksimal yang disyaratkan oleh FIFA, sehingga baru pada awal tahun 2018, tepatnya pada bulan Januari, direncanakan stadion ini akan segera di resmikan. Proses pembangunan stadion Kaliningrad cukup mengalami hambatan dan mengalami penundaan selama 1 tahun lamanya, karena perusahaan yang dipercaya dan memiliki tanggung jawab pada pembangunan stadion ini, mengalami kebangkrutan dan korupsi yang terdetek oleh Badan Pemberantas Korupsi Pemerintahan Kota Kaliningrad.

Pegawai dan kepala bidang yang dikerahkan untuk membangun stadion Kalinigrad ini juga cukup banyak, yaitu sekitar 300 untuk para pekerja dan 30 untuk kepala bidangnya. Hal tersebut mengakibatkan gaji yang perlu dikeluarkan oleh pemerintah Kota Kaliningrad terlalu banyak, sehingga banyak pekerja yang di-PHK. Setelah ajang Piala Dunia FIFA 2018 selesai diselenggarakan, pemerintah Kota Kaliningrad berniat akan menjadikan stadion Kaliningrad sebagai tuan rumah dari klub FC Baltika.

 

Leave a Reply