Ajang Piala Dunia FIFA yang ke-21 akan diselenggarakan pada tahun ini, tahun 2018. Negara yang beruntung menjadi tuan rumah dari ajang pertandingan sepak bola bergengsi ini adalah Rusia, negara si tirai besi. Terpilihnya Negara Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2018, yaitu melalui voting yang diadakan oleh FIFA pada tahun 2009. Sejak saat itu, pemerintah Rusia mulai bergegas mempercantik negaranya dan melengkapi negaranya dengan stadion-stadion yang memang harus ada pada perhelatan Piala Dunia FIFA 2018.

Tentu saja tidak sembarang stadion yang dapat menjadi bagian dari ajang Piala Dunia FIFA 2018, hanya stadion yang berkapasitas minimal 35000 penonton saja yang boleh menjadi saksi bisu dari pertandingan spektakuler yang diselenggarakan oleh FIFA ini. Stadion-stadion yang sudah ada di Rusia, yang akan menjadi bagian dari Piala Dunia FIFA 2018 akan mulai direnovasi juga. Salah satunya ada stadion Volgograd Arena.

Stadion Volgograd Arena adalah stadion yang dibangun bersebelahan dengan bangunan bersejarah Rusia, yaitu monumen perang Mamayev Kurga. Stadion Volgograd ini juga terletak 4 km dari Square of Fallen Fighters, yaitu alun-alun kota di rusia Selatan. Stadion ini nantinya akan menjadi pusat bagi persepakbolaan di kota Volgograd dan juga menjadi rumah bagi klub FC Rotor Volgograd.

Nyatanya, stadion Volgograd yang telah dibangun pada tahun 1958 ini bukan direnovasi, melainkan dihancurkan seluruhnya dan dibangun kembali di tanah yang sama, dengan tujuan membangun stadion berkelas dunia untuk Piala Dunia FIFA 2018. Pembongkaran stadion lama dimulai sejak akhir tahun 2014, selanjutnya pembangunan stadion Volgograd Arena yang baru dilakukan pada tahun 2015 awal musim semi dan telah selesai dibangun pada akhir tahun 2017. Stadion ini nantinya juga akan menjadi salah satu stadion yang cukup menarik wisatawan, karena terletak bersebelahan dengan sungai Volga yang sangat indah.

Stadion Volgograd

Desain yang ditawarkan stadion Volgograd arena ini cukup unik dan mudah diingat, karena pilar-pilar yang digunakan untuk menyangga stadion Volgograd Arena ini berbentuk kerucut. Fungsi dari pilar-pilar yang berbentuk kerucut ini tentu saja untuk memperkokoh bangunan dari stadion Volgograd ini, selain itu pilar-pilar dengan bentuk kerucut ini juga memberikan kesan yang indah jika dilihat dari luar stadion terlebih lagi dilihat dari atas.

Kapasitas penonton yang dapat tertampung di stadion Volgograd ini terbilang lebih dari cukup dari syarat yang diberikan FIFA. FIFA mengajukan syarat bagi stadion-stadion yang ingin menjadi tempat berlangsungnya pertandingan sepak bola kelas dunia, harus berkapasitaskan minimal 35000 penonton. Sedangkan, untuk stadion Volgograd Arena ini dapat menampung penonton dengan kapasitas 45000 lebih, dengan begitu stadion ini lolos menjadi bagian dari stadion berlangsungnya Piala Dunia FIFA 2018.

Namun, kursi penonton yang berjumlah 45000 itu nantinya akan dikurangi menjadi 35000 kursi penonton jika ajang Piala Dunia FIFA 2018 telah selesai berlangsung. Pertandingan yang akan diselenggarakan di stadion Volgograd ini ada 4 pertandingan grup di putaran pertama Piala Dunia FIFA 2018. Jadwal pertandingan-pertandingan tersebut adalah sebagai berikut, yang pertama ada timnas Tunisia vs Inggris pada tanggal 18 Juni 2018, selanjutnya timnas Nigeria vs Islandia pada tanggal 22 Juni 2018, lalu timnas Arab Saudi vs Mesir pada tanggal 25 Juni 2018 dan yang terakhir ada pertandingan antara timnas Jepang vs Polandia yang diselenggarakan pada tanggal 28 Juni 2018.

Leave a Reply