Seorang Manuel Neuer tentunya sangat diandalkan pada Timnas Jerman pada Piala Dunia Rusia 2018. Bagaimana tidak, kiper Bayern Munchen ini memang dikenal sebagai kiper yang sangat berpengaruh pada tim yang dibelanya. Kualitas yang sangat baik dibawah mistar gawang tidak perlu diragukan lagi dengan sejumlah prestasi klub, prestasi pribadi dan catatan pertandingan tanpa kebobolan yang dimilikinya.

Manuel Neuer menjadi salah satu kiper terbaik yang saat ini pantas disebut sebagai 3 besar kiper terbaik di dunia yang masih merumput dilapangan hijau. Sayangnya, Kapten Timnas Jerman yang satu ini cidera bersama Bayern Munchen sejak September 2017 lalu yang harus membuat dirinya menepi tanpa bermain dalam satu pertandingan sekalipun baik bersama klub maupun timnas.

Publik Jerman memang sangat berharap Neuer bisa tetap membela Jerman pada Piala Dunia Rusia 2018. Kiper yang satu ini akan menjadi pemain yang sangat diandalkan untuk menjadi tembok terakhir ketika para pemain bertahan tidak mampu menahan serangan dan tembakan dari lawan. Neuer memiliki kualitas diatas rata-rata dan memiliki penampilan yang konsisten pada setiap pertandingan yang dilakoninya.

Saat ini, dunia sepakbola internasional tentunya sangat sepakat jika menyebut Neuer menjadi kiper terbaik yang sangat ditunggu-tunggu pada perhelatan Piala Dunia Rusia 2018 bersama De Gea dan Timnas Spanyolnya. Kedua kiper yang satu ini menjadi kiper yang paling diperhatikan setelah kejayaan Buffon dan Casillas yang sebelumnya menjadi sorotan.

Adanya sosok Neuer juga akan mengangkat mentalitas para pemain Jerman lainnya. Kiper yang satu ini dikenal menjadi sosok yang tidak hanya bekerja dibawah mistar gawang namun juga menjadi sosok pemimping di lapangan. Terlebih lagi, dirinya juga menjadi pengatur para pemain lainnya ketika bertahan dan sering memberikan instruksi ketika sedang menghalau serangan lawan.

Manuel Neuer

Selain itu, sosok kiper yang satu ini juga sering kali menginisiasi penyerangan baik melihat celah kosong dengan mengumpang ke pemain terdekat yang bisa diandalkan maupun langsung menendang kedepan untuk serangan cepat. Pada intinya, kemampuan Neuer sebagai kiper dan kapten Jerman sangat dibutuhkan untuk membuat seluruh pemain timnas lainnya menjadi terangkat mentalitasnya. Hal ini sama halnya seperti Timnas Italia tanpa Buffon, tentunya akan sangat kurang terasa janggal jika tidak ada sosoknya.

Kabar terbaru, Neuer telah sembuh dari cidera yang dimilikinya. Namun, kabar tersebut tidaklah menjadi kabar yang terlalu menggembirakan lantaran Neuer baru saja sembuh dan tidak memiliki pertandingan satupun hingga bulan Mei 2018 ini. Neuer memang sudah masuk dalam skuad Bayern Munchen ketika tim ini masuk ke partai final di piala liga Jerman. Namun, seorang Neuer hanya menjadi penghangat bangku cadangan tanpa memiliki menit bermain.

Hal ini memang membuat Joachim Low menjadi bingung untuk memutuskan. Namun berdasarkan pernyataan terakhirnya, Low akan sangat tegas dalam menentukan keputusan Neuer dan Piala Dunia 2018. Saat ini, kiper dan kapten Jerman yang satu ini telah resmi menjadi bagian dari skuad Jerman pada piala dunia. Meskipun demikian, Neuer akan dicoba terlebih dahulu pada saat Jerman menjajal dua negara dalam pertandingan persahabatan terakhir melawan Austria dan Saudi Arabia.

Low mengatakan bahwa Neuer akan menjadi pilihan utama atau tidak sama sekali. Dari pernyataan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Low ingin memantik semangat Neuer untuk segera mendapatkan kebugaran ditingkat yang maksimal agar bisa menjadi kiper utama dan kapten Jerman selama Piala Dunia Rusia 2018 dan bukan hanya sekadar penghangat bangku cadangan.

Leave a Reply