Berbicara soal Piala Dunia Rusia 2018 sebaiknya tidak hanya membicarakan Brazil, Argentina, Jerman, Perancis atau Spanyol saja. Terdapat juga pesaing lainnya yang siap menjadi kuda hitam dan mencuri perhatian pada gelaran piala dunia esok termasuk Maroko. Negara yang satu ini terbilang negara yang memiliki bekal baik untuk masuk pada Piala Dunia Rusia 2018. Mulai dari kesiapan tim hingga catatan kualifikasi membuat timnas yang satu ini memang tidak bisa disepelekan.

Maroko memang tidak bertabur pemain bintang. Jika dicari pemain Timnas Marokok yang memiliki level permainan seperti Mo Salah, Firmino, Messi atau Ronaldo, tentu saja tidak akan ada hasilnya. Namun, walaupun tidak memiliki pemain bintang, Maroko bukanlah timnas yang hanya akan menjadi penggembira. Maroko masuk ke putaran final Piala Dunia Rusia 2018 dengan sangat meyakinkan dengan meraih 3 kali kemenangan dan 3 imbang saat dibabak kualifikasi zona Afrika.

Catatan ini semakin terlihat menarik dan mengejutkan ketika melihat berapa skor yang tercipta untuk enam pertandingan tersebut. Ya, Maroko berhasil tampil tanpa sekalipun kebobolan walaupun harus menghadapi timnas dari Afrika yang kuat lainnya termasuk Pantai Gading. Maroko berhasil meraih clean sheet saat babak kualifikasi memang bukan karena satu orang penjaga gawang saja. Gaya bermain yang disiplin dan pertahanan yang sangat baik menjadi kuncinya.

Maroko siap memberikan kejutan di Piala Dunia Rusia 2018 bukan tanpa alasan. Timnas yang satu ini memang sudah 20 tahun lamanya tidak berlaga pada gelaran sepak bola nomor satu di dunia ini. Maroko bukanlah timnas yang biasa bermain dikompetisi yang satu ini. Namun, pada tahun 2018 ini terdapat beberapa alasan yang sangat melatarbelakangi timnas Maroko mampu memberikan kejutan. Selain catatan apik pada babak kualifikasi, terdapat juga beberapa hal lainnnya yang sangat harus diwaspadai.

Yang pertama adalah mental para pemain Maroko yang sedang sangat baik. Ya, Maroko dipercaya akan tampil dengan penuh ambisi di Piala Dunia Rusia 2018 karena timnas yang satu ini baru saja menjuarai Piala Afrika 2018. Maroko menjadi timnas terkuat didaratan Afrika dan sudah mengalahkan negara Afrika lainnya yang biasa tampil pada Piala Dunia seperti Pantai Gading atau Nigeria. Tentu saja, gelar juara yang dimiliki oleh Timnas Maroko akan membuat seluruh pemain menjadi sangat percaya diri untuk setidaknya lolos pada fase grup.

Timnas Maroko 2018

Timnas Maroko juga memiliki pelatih kawakan yang sangat bisa diandalkan. Bahkan, kesuksesan Timnas Maroko pada kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018 dan juga Piala Afrika bisa juga dikatakan berkat pelatih tersebut. Ya, seorang Herve Renard merupakan pelatih yang sangat terkenal setidaknya didaratan Afrika. Pelatih yang satu ini pernah memberikan gebrakan pada benua Afrika setelah mengangkat Timnas Zambia menjadi timnas yang sangat kuat dan bahkan bisa berhasil juara pada tahun 2012.

Renard juga menjadi seseorang yang sangat berjasa ketika menjadi pelatih dari Timnas Pantai Gading hingga akhirnya juara Piala Afrika pada tahun 2015. Catatan tersebut ternyata tidak membuatnya tetap berada di Pantai Gading karena pada tahun 2016 pelatih berkarakter mirip dengan Klopp dan Conte ini bergabung dengan Maroko. Dua tahun bersama Maroko, Renard berhasil menjuarai Piala Afrika 2018 dan tampil meyakinkan pada kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018.

Maroko menjadi tim yang siap dan percaya diri untuk menghadapi Piala Dunia Rusia 2018. Tergabung dalam grup B bersama Spanyol, Portugal dan Iran, negara yang satu ini siap memberikan kejutan terutama dengan permainan disiplinnya dan pertahanannya yang akan membuat frustasi lawan.

Leave a Reply