Tim nasional sepak bola Spanyol berhasil mengukir sejarah indah sebagai tim nasional yang mampu menjuarai kejuaraan top yang mereka ikuti secara beruntun. Hal tersebut mereka lakukan ketika mereka mampu menjuarai Euro 2008 disusul Piala Dunia 2010 dan terakhir Euro 2012.

Pencapaian tersebut tentu menjadikan tim nasional sepak bola Spanyol sebagai tim nomor satu di dunia. Meskipun belakangan ini prestasi mereka cenderung menurun tetapi tetap saja tim nasional sepak bola Spanyol merupakan salah satu magnet kuat dalam dunia sepak bola. Salah satu hal yang menarik dari tim nasional sepak bola Spanyol adalah permainan cantik nan memukau yang hampir selalu mereka peragakan ketika bermain sepak bola melawan lawan mana pun yang dihadapinya.

Selain itu nama-nama besar yang selalu menghiasi line up susunan pemain tim nasional sepak bola Spanyol tentu tidak bisa diabaikan sebagai daya tarik tersendiri. Itulah mengapa rating pertandingan dari tim nasional sepak bola Spanyol selalu tinggi ketika disiarkan.

Tetapi sayangnya sepertinya tim nasional sepak bola Spanyol terancam tidak dapat berpartisipasi dalam Piala Dunia. Hal ini menyusul kabar yang santer terdengar di berbagai media olahraga baik cetak maupun elektronik yang mengatakan bahwa federasi bola dunia yakni FIFA telah mengancam akan mencoret Spanyol sebagai salah satu peserta Piala Dunia . Hal ini menyusul anggapan bahwa federasi bola Spanyol telah diintervensi oleh pemerintah Spanyol.

Awal mula tudingan intervensi ini sendiri adalah ketika presiden federasi bola Spanyol kala itu yakni Angel Maria Vilaar dipaksa mundur dari jabatannya sebagaiĀ  presiden RFEF (federasi bola Spanyol) karena dianggap telah melakukan tindak pidana korupsi. Setelah paksaan itu pemerintah Spanyol mengakomodasi sebuah pemungutan suara guna mencari sosok pengganti Angel Maria Vilaar sebagai presiden federasi.

Menanggapi perihal di atas sang kapten tim nasional Spanyol yang juga kapten club sepak bola raksasa Spanyol Real Madrid yaitu Sergio Ramos angkat bicara, ia merasa heran dengan ancaman FIFA karena menganggap jerih payah para pemain tim nasional Spanyol untuk melaju ke Piala Dunia di Rusia dapat dengan mudah digagalkan hanya karena urusan institusi. Pantas memang Ramos berkata demikian karena memang meskipun Spanyol cenderung mulus melaju sebagai peserta yang lolos kualifikasi ke Piala Dunia namun tetap saja usaha yang telah mereka lakukan tidak dapat dipandang sebelah mata.

Timnas Spanyol

Sejalan dengan apa yang disampaikan Ramos, Perdana Menteri Spanyol yaitu Mariano Rohay pun demikian bahkan ia tetap merasa percaya diri bahwa Spanyol akan tampil di Piala Dunia. Untuk itu ia berjanji akan segera menyelesaikan masalah soal federasi bola Spanyol ini agar FIFA tak lagi menganggap ada intervensi dalam tubuh federasi.

Kejadian di atas tentu akan mengingatkan anda pada apa yang pernah federasi bola negara kita yaitu PSSI alami. Meski tidak benar-benar mirip namun jelas duduk perkaranya adalah soal intervensi pemerintah yang dilakukan oleh federasi bola. Dalam hal ini sepertinya FIFA benar-benar sangat tegas karena bahkan negara sebesar Spanyol pun diberikan ancaman yang sama karena isu intervensi.

Meski belum benar-benar dijatuhkan seperti sanksi yang diterima Indonesia tetapi tampaknya Spanyol harus benar-benar waspada karena kemungkinan Spanyol dicoret sebagai peserta Piala Dunia di Rusia masih sangat terbuka lebar apabila masalah di atas tidak segera diatasi.

Leave a Reply