Salah satu pertandingan besar sepak bola dunia adalah Piala Dunia FIFA, turnamen bola Internasional ini akan diselenggarakan di Rusia. Turnamen ini dinanti oleh banyak warga dunia, apalagi diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Diselenggarakan di Rusia pada tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018. Rusia dipilih sebagai tuan rumah pada tahun 2010.

Jumlah tim yang akan berpartisipasi adalah 32 tim dari 5 konfedersi, dan tempat menyelenggara berada di 11 kota. Pada putaran final melibatkan 32 tim nasional, tuan rumah lolos secara otomatis dan 31 lainnya lolos pada babak kualifikasi, 20 tim tersebut membuat pertandingan secar berturut turut. Dan sebanyak 64 pertandingan dimainkan di 12 stadion. Dan pertandingan final aka berlangsung pada 5 Juli di stadion Luhniki, Moskwa.

Rusia terpilih setelah melalui tahapan yang cukup panjang, dimulai sejak tahun 2009 hingga 2010. Awalnya ada 7 negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah, namun Meksiko mundur, untuk negara Indonesia juga gagal karena pemerintah gagal mengirimkan surat dukungan penawaran. Namun banyak negara lainnya juga yang mundur, hingga tersis 4 negara. Dan akhirnya ditahun 2010 terpilihlah Rusia sebagai tuan rumah piala dunia. Rusia terpilih setelah mendapatkan 13 suara dari 20 jumlah suara.

Untuk peserta yang lolos masuk kedalam piala FIFA adalah 20 diantaranya merupakan negara yang pernah berkompetisi di tahun 2014, sisanya adalah Islndia dan Panama, ada juga Islandia, ada juga negara Mesir yang sudah 28 tahun tidak pernah mengikuti Piala dunia. dilakukn pengundian pada  Desember 2017, di Istana Negara Kremlin, Moskw. Dari 32 negara tersebut akan dibentuk 8 grup yang masing-masing grup berisi 4 tim. Dalam setiap tim terdapat tim teratas pada peringkat teratas juara FIFA, namun ada juga pertimbangan geografis.

Dalam setiap tim mendaftarkan skuat dengan jumlah 30 orang pemain. Sedangkan untuk tempat penyelenggara FIFA akan diadakan diberbagai kota yang ada di Rusia, diantarany adalah Kaliningrad, Kazan, Moskwa, Krasnodar, Rostov na Donu, Nihny Novgorod, Saransk, Sochi, Sankt- Peterburg, Volgagrod, Yaroslvi, Yekaterinburg, dan lainnya. Rusia disini menawarkan 5 stadion, 3 stadion akan direnovasi, dan 13 lainnya akan dibangun baru. Namun pada tahun 2014 mengurangi jumlah stadion menjadi 14. Berikut stadion yang akan digunakan untuk piala dunia FIFA :

Stadion Piala Dunia Rusia 2018

  • Stadion Luhniki, stadion ini memiliki kapasitas 81.000
  • Stadion Otkrytiye  Arena, memiliki kapasitas 45. 360
  • Stadion Krestovsky dengan kapasitas 68.134
  • Stadion Kazan dengan kapasitas 45.375
  • Stadion Samara dengan kapasitas 44. 198
  • Stadion Mordavia Arena kapasitas 44. 442
  • Stadion Rostov Arena kapasitas 45.000
  • Stadion Olimpiade Sisht kapasitas 47.659
  • Stadion Sentral dengan kapasitas 35.696
  • Stadion Volgograd Arena kapasitas 45.568
  • Stadion Novgorod kapasitas 44.899

Dan untuk tingkat tim di tentukan oleh poin yang diraih di semua pertandingan, selisih gol di semua pertandingan, jumlah gol yang dicetak, selisih gol antara tim yang imbang, poin fair –play, pengundian lebih banyak oleh komite penyelenggara FIFA, dan aturan lainnya. Pertandingan piala dunia pastinya sudah dinantikan lama oleh warga dunia, sangat seru dan pastinya malam akan terasa ramai, bagi anda yang suka bola maka jangan sampai ketinggalan. Anda bisa menonton bola bersama teman-teman dirumah atau nonton bareng  ditempat tertentu. Jangan lupa pertandingan akan dumulai pada tanggal 14 Juni 2018.

Leave a Reply