Piala Dunia. Kompetisi yang sebentar lagi akan dihelat ini memang selalu ditunggu tunggu kehadirannya oleh manusia di bumi ini. Kompetisi ini tidak hanya menarik bagi kalangan pecinta bola saja, namun semua orang yang bahkan tidak tahu akan dunia bola juga ikut menantikan dan ingin menyaksikan kompetisi ini. bicara soal Piala Dunia memang banyak hal menarik yang bisa dibahas.

Kompetisi yang dihelat setiap empat tahun sekali ini sudah diadakan semenjak tahun 1930 dimana sampai saat ini sudah 20 kali gelaran yang digelar (Piala Dunia Russia 2018 akan menjadi gelaran ke-21). Dalam kompetisi ini kita akan melihat setiap negara melalui tim timnya akan berkompetisi di atas lapangan untuk menentukan siapa yang berhak menjadi sang jawara dan mengangkat piala. Ajang ini juga menjadi tempat unjuk gigi bagi para pemain yang ingin mendapatkan pengakuan.

Karena ini adalah sebuah kompetisi sepakbola, pastinya tidak akan lepas dengan namanya statistik dan juga rekor. Pun begitu dalam Piala dunia ini. Selama Gelaran sampai ke-20 ini sudah banyak rekor rekor dicetak oleh para negara dan pemain pesertanya. Untuk kalian yang ingin mengetahui mengenai apa saja rekor rekor yang ada dalam Piala Dunia ini maka kalian bisa menyimaknya di bawah ini.

Rekor pertama yang ada dalam Piala Dunia ini adalah rekor kemenangan terbesar dalam sejarah gelaran Piala dunia. Siapa yang memegang rekor ini? Brazil? Jerman? Spanyol? Salah. Yang memegang kemenangan terbesar dalam ajang piala dunia ialah timnas Hungaria. Tim ini bahkan berhasil menciptakan rekor ini sebanyak dua kali. Yang pertama adalah saat tahun 1954 diana timnas Hungaria berhasil mencukur habis perlawanan timnas korea selatan dengan skor akhir 9-1. Selanjutnya timnas hungaria kembali membuat lawannya malu.

Kali ini adalah timnas El Savador dimana skor akhir yang dicetak adalah 10-1. Skor tersebut terjadi di perhelatan Piala Dunia 1982. Selanjutnya adalah rekor tidak kebobolan dalam Piala dunia. Rekor ini berhasil ditorehkan oleh timnas Swiss. Rekor ini sendiri berhasil dicatatkan pada gelaran Piala Dunia 2006 silam. Swiss berhasil menorehkan rekor ini sampai pada perdelapan final sampai akhirnya timnas Swiss harus tersingkir setelah kalah lewat babak adu pinalti melawan Ukraina.

Timnas Swiss

Rekor selanjutnya yang tercipat dalam gelaran Piala Dunia adalah rekor pencetak gol terbanyak dalam satu kali gelaran Piala Dunia. Adalah Just Fontaine. Pemain berpaspor Perancis ini mampu melesakkan 13 gol hanya dalam satu kali gelaran kompetisi saja.  Selanjutnya adalah Pemain dengan usia tertua yang memenangkan Piala Dunia. Pemain yang beruntung memecahkan rekor ini adalah Kiper Italia, Dino Zoff dengan usia 40 tahun. Rekor ini terjadi ketika Italia berhasil mengangkat Piala pada gelara Piala Dunia 1982. Rekor selanjutnya yang ada pada gelaran piala dunia adalah pemain yang mampu memperoleh gelar juara sebanyak tiga kali. Adalah legenda Brazil, Pele yang berhasil mengukir sejarah ini. Pele mengukirkan sejarah ini ketika berhasil membawa Brazil menjuarai Piala Dunia pada 1958, 1962 dan 1970.

Rekor rekor di atas adalah beberapa rekor yang berhasil diciptakan dan diukir dalam gelaran Piala Dunia sampai saat ini. tentu saja ini menjadi hal menarik yang patut dibhas. Selain rekor rekor di atas, tentu masih banyak pula rekor rekor lain yang ada dan tercipta dalam sepanjang sejarah gelaran Piala dunia sampai saat ini.

Leave a Reply