Brasil merupakan salah satu negara yang selalu diunggulkan dalam setiap gelaran Piala Dunia. Hal ini tentu bukan tanpa sebab melainkan karena negara yang terletak di Amerika Selatan ini merupakan salah satu negara dengan trofi Piala Dunia terbanyak yakni dengan 5 kali meraihnya. Hasil tersebut tentu menunjukkan kekuatan sepak bola dari negara yang satu ini.

Meskipun beberapa tahun belakangan ini prestasinya dapat dikatakan melempem tetapi hal itu bukan suatu alasan yang dapat digunakan untuk meremehkan tim nasional sepak bola Brasil. Karena seperti yang telah diketahui semua pecinta sepak bola bahwa talenta-talenta pemain sepak bola Brasil tersebar di seluruh penjuru dunia termasuk liga-liga top dunia. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang menjadi andalan di klubnya masing-masing.

Terkait Piala Dunia 2018 maka menjadi menarik siapa sajakah nama-nama besar pesepak bola asal Brasil yang mampu menarik hati tim pelatih untuk memanggilnya berseragam tim samba pada Piala Dunia nanti. Sang pelatih kepala yakni Adenor Bacchi memberikan sedikit bocoran dengan mengatakan bahwa dirinya baru menemukan sekitar 15 pemain yang akan mengisi squad asuhannya, artinya masih tersisa sekitar 8 tempat lagi yang akan diperebutkan.

Belum lengkapnya seluruh squad tim nasional Brasil justru terasa aneh mengingat tim nasional sepak bola Brasil merupakan tim pertama diluar tuan rumah yang memastikan diri melaju ke Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang tepatnya sekitar bulan maret 2017. Dengan waktu yang begitu panjang maka sudah semestinya jajaran pelatih tim nasional Brasil mampu menemukan pemain-pemain yang mereka butuhkan agar kerangka tim segera terbentuk dengan valid.

Bacchi menambahkan bahwa tim asuhannya akan melakukan dua uji coba lagi guna memastikan siapa saja pemain yang akan dipastikan memperkuat tim nasional sepak bola Brasil di Piala Dunia 2018 nanti. Negara yang akanĀ  menjadi lawan tandingnya adalah Moskow serta Jerman dan akan dilaksanakan pada Bulan maret mendatang.

Timnas Brasil

Mepetnya waktu pengumuman squad tim asuhannya rupanya tidak menjadi masalah bagi sang pelatih kepala karena baginya ia hanya perlu untuk menemukan pemain yang tepat sebab secara umum pemain-pemain Brasil telah memiliki kualitas yang luar biasa serta intelektualitas bermain sepak bola yang sudah saling padu satu sama lain. Sehingga ketika telah masuk ke dalam squad nanti mereka akan dengan sangat mudah beradaptasi dengan pemain-pemain lainnya meskipun dalam waktu training camp atau pemusatan latihan yang singkat.

Kepercayaan diri sang pelatih kepala memang didasari alasan yang kuat yaitu kualitas pemain yang diatas rata-rata serta dukungan materil dan non-materil dari pemerintah Brasil maupun masyarakat Brasil. Selain itu rekam jejak atau sejarah dari tim nasional sepak bola Brasil di kancah Piala Dunia pun mencatatkan hal yang selalu membuat siapa pun yang menangani tim nasional Brasil akan menjadi sangat percaya diri. Tetapi perlu diingat bahwa kepercayaan diri yang berlebeihan dapat menghancurkan apapun, termasuk keperkasaan sebuah tim sepak bola besar sekelas tim nasional sepak bola Brasil sekalipun.

Piala dunia 1950 merupakan contoh nyata bagi tim nasional sepak bola pada umumnya dan tim nasional sepak bola Brasil pada khususnya. Karena kala itu tim nasional Brasil yang dihuni oleh nama-nama besar pada masanya justru gagal total di hadapan tim-tim nasional sepak bola yang dianggap tidak sekelas Brasil. Sekarang tinggal kita saksikan bagaimana sepak terjang tim nasional Brasil pada Piala Dunia 2018 di Rusia nanti.

 

Leave a Reply