Pecinta sepak bola dimana pun anda berada tentu kenal dengan nama Lionel Messi. Hal ini tentu saja karena prestasinya di lapangan hijau baik secara individu maupun di club yang ia bela yakni Barcelona. Sebagai seorang pesepak bola pencapaiannya secara individu sungguh luar biasa mulai dari pemain terbaik di dunia lima kali beruntun, pencatat rekor gol bagi clubnya dan masih banyak lagi.

Sedangkan bersama club pun tak kalah mentereng yakni dengan mengoleksi berbagai gelar domestik hingga internasional seperti Champions League atau liga champion. Tetapi sayangnya prestasi mentereng bersama club ini tidak dibarengi dengan prestasi yang berbanding lurus dengan pencapaiannya di tim nasional sepak bola Argentina. Beberapa kali ia sempat menghidupkan asa dengan membawa tim nasional Argentina ke babak final suatu ajang seperti contohnya ajang Copa Amerika beberapa tahun lalu.

Namun sayangnya ia gagal mempersembahkan gelar juara. Bukan hanya itu, ketajaman insting mencetak gol seorang Lionel Messi pun seolah hilang ketika berseragam biru putih khas tim nasional Argentina yang membuat ia sering dijadikan bahan olokan atas melempemnya prestasi tim nasional sepak bola Argentina.

Meski sampai sejauh ini si pemain ajaib ini belum mampu memberikan prestasi yang cukup membanggakan bagi tim nasional Argentina tetapi hal itu tidak membuat salah satu mantan pemain tim nasional Argentina yaitu Juan Roman Requelme ragu padanya. Ia bahkan sempat berujar bahwa Lionel Messi akan mampu membawa tim nasional Argentina menjadi juara di Piala Dunia 2018 Rusia mendatang.

Tentunya ia pun memberikan catatan bahwa hal tersebut dapat terjadi apabila Leo Messi berada pada top performanya seperti biasanya.di Barcelona. Sebetulnya pernyataan Juan Roman Requelme tadi banyak yang meragukan, hal itu dikarenakan penampilan tim nasional sepak bola Argentina sendiri sangat kesulitan menembus babak kualifikasi menuju Piala Dunia 2018.

Lionel Messi

Tetapi sepertinya penampilan mereka akan segera membaik mengingat lawan mereka di grup D hanyalah Islandia, Nigeria dan Kroasia saja yang di atas kertas jauh di bawah level tim nasional Argentina. Selain itu belakangan ini performa sang mega bintang pun tercatat sangat on fire bersama club sehingga memunculkan harapan bahwa performa on fire yang sedang ia tunjukkan  dapat ia tunjukkan pula bersama tim nasional Argentina.

Meski Juan Roman Requelme mengakui bahwa motor serangan tim nasional Argentina saat ini adalah Leo Messi tetapi ia tetap menekankan bahwa perlu sedikit mengurangi ketergantungan tim terhadap Messi, hal ini tentu buntut dari kurang kreatifnya permainan tim nasional Argentina ketika Messi tidak bermain. Hal tersebut ia sampaikan secara terbuka kepada pelatih tim nasional Argentina yaitu Jorge Sampaoli yang juga merupakan mantan pelatih tim nasional Chile.

Berbicara mengenai Lionel Messi tentu tidak lengkap rasanya jika tidak menyinggung pula soal rival sejatinya yaitu Cristiano Ronaldo. Rivalitas keduanya sudah berjalan cukup lama dan semakin memanas terutama ketika Ronaldo hijrah dari Manchester United ke Real Madrid beberapa musim lalu. Setidaknya mereka berdua telah mendominasi berbagai prestasi individu secara bergantian serta membantu timnya masing-masing menjuarai berbagai kejuaraan.

Meski keduanya dapat dikatakan seimbang namun tampaknya Ronaldo sedikit lebih unggul karena bukan hanya sukses meraih gelar secara individu serta bersama club namun juga berhasil membawa tim nasional Portugal menjuarai liga Eropa beberapa tahun lalu. Messi tampaknya harus berusaha ekstra agar mampu melampaui pencapaian Ronaldo tersebut, oleh sebab itu penampilannya di Piala Dunia 2018 jelas sangat dinantikan.

 

Leave a Reply