Piala dunia tahun ini adalah piala dunia yang cukup menarik untuk para wakil dari negara-negara dari benua Asia. Benua Asia memang tidak memiliki sejarah yang cukup baik di pentas tertinggi sepakbola dunia ini. Tetapi, di pagelaran piala dunia tahun ini, yang akan diselenggarakan di Rusia, lima negara dari benua Asia ini memiliki kekuatan yang cukup menarik dan sangat bisa mengejutkan negara yang lainnya dan cukup bisa untuk membuat beberapa hal yang diluar dugaan terhadap kompetisi ini.

Iran, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Australia, sebagai negara terakhir zona Asia yang memastikan lolos, akan menjadi sebuah kejutan yang sangat besar bagi pagelaran empat tahun sekali ini. Tentu, kiprah kelima negara ini sudah sangat dinantikan oleh banyak orang di seluruh dunia, terutama para pecinta sepakbola dari Asia.

Jika kita pahami lebih lagi soal sejarah sepakbola di Asia, terkhusus sejarah negara-negara di benua Asia dalam piala dunia, tentunya tidak ada sejarah yang terlalu gemilang antara negara tersebut. Terakhir kalinya negara Asia berbicara secara banyak adalah ketika Korea Selatan arahan pelatih Guss Hiddink berhasil menembus semifinal, dan berhasil menjadi juara keempat piala dunia tahun 2002, yang juga diselenggarakan di negara mereka, dan juga di Jepang.

Setelah itu, belum ada satu negara Asia pun yang bisa melakukan hal yang sama. Bahkan, untuk bisa masuk ke babak perempat final pun, tidak ada satu negara di Asia yang berhasil menembusnya. Korea Selatan adalah hasil yang terbaik, dan tidak pernah bisa diulang lagi setelahnya. Tetapi, setelah kita semua sudah melihat kekuatan lima tim yang akan menjadi perwakilan dari benua Asia ini, anda pastinya akan menjadi jauh lebih yakin lagi untuk bisa memilih negara-negara di benua Asia ini sebagai salah satu kuda hitam, yang masih akan sangat berkemungkinan untuk menghancurkan hegemoni dari Benua Eropa dan juga Amerika Selatan.

wakil Asia di Piala Dunia 2018

Pastinya, dari keliam negara di benua Asia ini, nama terbesar akan jatuh kepada Korea Selatan. Semifinalis piala dunia 2002 ini memang selalu menjadi negara yang diandalkan di tingkat Asia. Tidak bisa dipungkiri juga, bahwa sangat banyak sekali pemain mereka sekarang yang sedang menancapkan kukunya di liga Eropa.

Dari banyaknya pemain, tentu salah satu yang paling terang dan siap memberikan kejutan kepada dunia di Rusia ini adalah Son Heung Min. Winger andalan Tottenham Hotspurs ini sedang menjadi salah satu daya Tarik bagi banyak orang di liga Inggris. Bukan hanya karena kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar saja, tetapi dia juga memiliki kecepatan dan juga kemampuan fisik yang diatas rata-rata.

Selain Korea Selatan, yang sangat berpeluang adalah Jepang. Negara yang satu ini adalah macan Asia dalam dunia sepakbola, dengan menjadi negara terbanyak pengoleksi gelar piala Asia. Tetapi, di piala dunia, Jepang masih butuh eksistensi. Shinji Okazaki akan menjadi andalan yang cukup bisa diandalkan oleh negara ini guna membawa benua Asia menjadi benua yang ditakuti di dunia.

Selain dua negara ini, jangan lupakan Australia. Meski mereka hanya terhitung secara FIFA sebagai negara Asia, tetapi Australia juga memiliki pemain yang cukup mengejutkan. Tentu saja, Tim Cahill sebagai kapten andalan akan menjadi salah satu faktor penting. Disamping itu, jangan lupakan juga Arab Saudi dan Iran, yang juga akan siap mengejutkan anda.

Leave a Reply